Kacang Hijau Bermanfaat Untuk Penderita Jantung

kacang hijau untuk jantungSiapa yang tidak tahu kacang hijau? Selain bisa dibuat berbagai olahan bubur dan peyek, kacang hijau juga bisa dibuat sebagai sup bercampur daging yang enak dan kaya manfaat. ‎Mung beans‎ atau yang biasa dikenal dengan nama kacang hijau atau kacang ijo adalah salahsatu jenis kacang polong yang biasa kita konsumsi.

Dibalik bentuknya yang kecil, kacang hijau mengandung salah satu sumber mineral dan protein nabati cukup tinggi yang sangat penting untuk tubuh, sehingga banyak ahli gizi yang menyarankan kacang hijau untuk dikonsumsi balita karena kandungan nutrisinya baik untuk masa pertumbuhan.

Kalsium dan juga fosfor yang merupakan sumber mineral kacang hijau, sangat baik untuk memperkuat tulang dan gigi. Kacang hijau sangat baik bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Kadar lemaknya yang rendah membuat semua makanan atau minuman olahan yang berbahan dasar kacang hijau tidak mudah tengik dan tak bikin berat badan melonjak naik.

Lemak kacang hijau terdiri dari 27% asam lemak jenuh dan 73% asam lemak tak jenuh, sehingga kacang hijau cukup baik bagi mereka yang menderita penyakit jantung karena kandungan asam lemak tak jenuhnya mampu menjaga kesehatan jantung. Selain fosfor dan kalsium, kacang hijau mengandung vitamin yang komplit. Mulai dari vitamin B1, B2, dan vitamin E. Vitamin B1 berguna untuk memaksimalkan kerja syaraf dalam tubuh. Kalau Anda mengalami gejala sulit berkonsentrasi, mudah tersinggung, atau kurang bersemangat, bisa jadi tubuh Anda kekurangan B1. Vitamin B1 juga menjadi sumber energi yang diperlukan oleh tubuh. Karena fungsinya yang memecah karbohidrat sehingga mengubahnya menjadi tenaga. Sedangkan vitamin E tidak hanya baik untuk peremajaan kulit, tapi juga membantu kesuburan.

Untuk mempertahankan manfaat nutrisi kacang hijau, diperlukan pengolahan yang tepat dan higenis seperti yang dilakukan Kacang Ijo Mamaku agar menghasilkan produk minuman yang enak, fresh, menyehatkan dan dapat dikonsumsi oleh balita maupun orang tua.

Posted in Khasiat Buah & Tanaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*