Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok melalui Makanan & Minuman

Apakah Anda sedang berusaha berhenti dari kebiasaan merokok (ngrokok) ? Sudah berhasil atau masih merasa sulit meninggalkan rokok? Ada banyak penyebab yang membuat seseorang tejebak dalam candu rokok. Mulai dari alasan gengsi sampai alasan penghilang stres. Berbagai alasan dapat dikemukakan, namun alangkah baiknya jika sesuatu yang berdampak buruk bagi diri dan orang lain sebaiknya ditinggalkan. Seperti berhenti dari kebiasaan merokok.

Beberapa Tips Berhenti Merokok

  • Know Why You Want to Exit. Jadi Anda ingin berhenti merokok, tetapi apakah Anda tahu mengapa? Alasan seperti “Karena itu buruk bagi kesehatan Anda” tidak cukup baik. Untuk mendapatkan motivasi, Anda butuh suatu alasan pribadi yang kuat untuk berhenti. Mungkin Anda ingin melindungi keluarga Anda dari asap rokok karena selain berbahaya untuk diri sendiri, merokok dapat mengakibatkan orang – orang di sekitar anda terkena penyakit – penyakit berbahaya seperti kanker paru – paru dan jantung. Selain itu mungkin Anda merasa ketakutan diputusin pacar atau di ceraikan istri gara-gara tidak bisa berhenti merokok? ( Make sense.. Pilih istri apa rokok??? 😀 ). Pilih alasan yang cukup kuat untuk mengimbangi dorongan untuk menyala.
  • Jangan Berhenti Merokok Saat Itu Juga. Anda mungkin tergoda untuk melemparkan rokok Anda dan menyatakan kalau Anda telah berhenti merokok, simple dan sederhana. Tapi pada kenyataannya tidak mudah untuk dilakukan. Tidak ada cara cepat berhenti merokok. Sembilan puluh lima persen orang yang mencoba untuk berhenti merokok tanpa terapi atau pengobatan akan kembali untuk merokok. Alasannya adalah nikotin adalah senyawa yang menyebabkan ketergantungan. Otak kita menjadi terbiasa dengan nikotin dan akan selalu “haus” akan hal itu. Pada saat tidak merokok, gejala ketergantungan akan nikotin muncul.
  • Lakukan Nikotin Replacement Therapy. Ketika Anda berhenti merokok, gejala ketergantungan nikotin dapat membuat Anda merasa frustrasi, depresi, gelisah, atau menjadi pemarah. Keinginan untuk “merokok satu batang saja” akan sering muncul pada diri anda. Terapi penggantian nikotin ini dapat membantu mengurangi dorongan nafsu untuk merokok. Studi menunjukkan permen karet nikotin, “lozenges”, dan “patches” dapat membantu melipatgandakan peluang Anda untuk berhenti merokok dapat berhasil bila digunakan dengan program yang intensif. Tetapi menggunakan produk ini sambil merokok umumnya tidak dianjurkan.
  • Minta Resep Pada Dokter Anda. Untuk memudahkan penarikan nikotin tanpa menggunakan produk yang mengandung nikotin, tanyakan resepnya kepada dokter Anda. Ada pil yang membantu mengurangi rasa lapar dengan mempengaruhi zat kimia dalam otak. Mereka juga dapat membuat merokok kurang memuaskan jika Anda mengambil sebatang rokok. Obat lain dapat membantu mengurangi gejala ketergantungan yang mengganggu, seperti depresi atau ketidakmampuan untuk berkonsentrasi.
  • Jangan Rahasiakan Kalau Kamu Berhenti Merokok. Beritahu teman, keluarga, dan rekan kerja bahwa Anda sedang berusaha untuk berhenti. Dorongan mereka bisa membuat perbedaan. Anda juga mungkin ingin bergabung dengan kelompok anti rokok atau berbicara dengan seorang psikolog. Behaviour Therapy adalah jenis konseling yang membantu Anda mengidentifikasi strategi untuk berhenti merokok. Kombinasikan Behaviour Therapy dengan produk pengganti nikotin dan / atau obat-obatan dapat meningkatkan peluang Anda untuk sukses.
  • Jauhkan Diri Anda Dari Stress. Salah satu alasan orang merokok adalah bahwa nikotin dapat membantu mereka rileks. Setelah Anda berhenti, Anda akan perlu cara lain untuk mengatasi stres. Mencoba mendapatkan pijat biasa, mendengarkan musik santai, atau belajar yoga atau tai chi. Jika mungkin, hindari situasi stres selama beberapa minggu pertama setelah Anda berhenti merokok.
  • Jauhkan Diri Anda Dari Alkohol. Kegiatan tertentu dapat meningkatkan keinginan Anda untuk merokok. Alkohol merupakan salah satu pemicu paling umum, jadi cobalah untuk mengurangi minuman keras ketika Anda pertama berhenti. Jika kopi adalah pemicu, beralih ke teh selama beberapa minggu. Dan jika Anda biasanya merokok setelah makan, menemukan sesuatu yang lain untuk melakukan sebaliknya, seperti menyikat gigi atau mengunyah permen karet.
  • Bersihkan Rumah Anda. Setelah Anda merokok rokok terakhir Anda, bersihkan semua asbak dan korek api. Mencuci pakaian apapun yang berbau seperti asap dan membersihkan karpet Anda, gorden, dan kain pelapis. Gunakan penyegar udara untuk membantu membersihkan rumah Anda dari aroma rokok yang familiar. Anda tidak ingin melihat atau mencium sesuatu yang mengingatkan Anda tentang merokok.
  • Coba dan Coba Lagi. Sangat umum jika Anda kambuh ingin merokok kembali. Banyak perokok mencoba beberapa kali sebelum menyerah dari rokok untuk selamanya. Periksa emosi dan keadaan yang menyebabkan Anda kambuh untuk merokok lagi. Kemudian menggunakannya sebagai kesempatan untuk menegaskan kembali komitmen Anda untuk berhenti merokok. Setelah Anda membuat keputusan untuk mencoba lagi, menetapkan “tanggal berhenti” dalam bulan depan.
  • Sibukkan Diri Anda dengan Aktivitas Fisik. Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi ketagihan nikotin dan meringankan beberapa gejala ketergantungan. Bila Anda ingin merokok, memakai sepak bola atau sepatu jogging sebagai gantinya. Bahkan olahraga ringan sangat membantu, seperti berjalan – jalan di taman atau mencabut rumput liar di kebun. Kalori ekstra yang Anda bakar juga akan menangkal kenaikan berat badan saat Anda berhenti merokok.
  • Perbanyak Makan Buah dan Sayuran. Jangan mencoba untuk diet sambil berhenti merokok – kekurangan terlalu banyak nutrisi pasti akan menjadi bumerang. Sebaliknya, fokuslah pada makanan buah buahan, sayuran, dan produk rendah lemak. Sebuah studi di Duke University menunjukkan makanan ini membuat rokok terasa mengerikan. Ini memberi Anda peralatan perang saat mengidam rokok selain itu tubuh Anda juga menjadi sehat.
  • Beri Hadiah Pada Diri Anda. Selain manfaat kesehatan yang luar biasa, salah satu keuntungan dari berhenti merokok adalah semua uang yang Anda akan hemat. Hadiahi diri Anda dengan menghabiskan sebagian dari uang itu ( ingat! sebagian.. 😀 ) pada sesuatu yang menyenangkan.
  • Lakukan Untuk Kesehatan Anda. Ada lebih dari keuntungan materi semata yang didapat. Berhenti merokok memiliki manfaat kesehatan langsung. Ini menurunkan tekanan darah Anda dan mengurangi detak jantung Anda hanya dalam 20 menit setelah merokok. Dalam sehari, karbon monoksida dalam darah Anda kembali normal. Dalam waktu dua minggu sampai tiga bulan, resiko Anda dari serangan jantung menurun dan paru-paru Anda mulai berfungsi lebih baik. Manfaat jangka panjang termasuk penurunan risiko penyakit jantung koroner, stroke, kanker paru-paru, dan kanker lainnya.

Makanan dan Minuman Penghenti Kecanduan MeroRokok

  1. Oat. Oat itu sudah dikenal mampu mengurangi ketagihan nikotin. Jadi, gabungkan oat ke dalam diet rutin anda. Untuk efek maksium, ambil satu sendok makan ground oat (bukan oatmeal) lalu tambahkan pada 2 mangkuk air rebus dan diamkan selama satu malam. Kesesokan harinya, minum sebagian dari campuran tersebut beberapa jam setelah makan. Jangan mengkonsumsinya setelah jam 8 malam. Ini adalah salah satu ramuan paling efektif untuk berhenti merokok. Dan ada bukti ilmiah dari sistem pengobatan India yang selama bertahun-tahun, telah menggunakan oat bran dan oatmeal untuk memerangi ketergantungan terhadap opium. Baru-baru ini, para peneliti di Glasgow, Skotlandia, menemukan bahwa para perokok yang diberi suatu ekstrak dari oat segar itu lebih cenderung untuk mengalami penurunan dalam ketagihan merokok dibanding perokok yang diberi suatu placebo. Penemuan ini diperkuat lagi oleh penelitian lain yang baru-baru ini dilakukan di Jepang. Dalam studi di Jepang ini, para peneliti menemukan bahwa para perokok yang diberi suatu tambahan ekstrak herbal oat setiap hari, mengurangi jumlah rokok yang mereka hisap dalam satu hari sebanyak hampir 50 persen.
  2. Jeruk. Tanamkan kebiasaan untuk makan sebutir jeruk setiap kali rasa ketagihan menyerang anda. Bisa mendapatkan jeruk dengan mudah itu adalah salah satu cara yang paling efektif dalam menangkal dorongan untuk merokok. Ketagihan nicotin biasanya akan berlangsung selama 3 sampai 5 menit. Mengkonsumsi jeruk bisa menjauhkan pikiran anda dari dorongan keinginan untuk menyalakan sebatang rokok. Entah dimakan dalam keadaan mentah atau dalam bentuk jus, jeruk memegang suatu peranan penting dalam proses penghentian kebiasaan merokok. Aromanya bisa mengalihkan pikiran anda dari keinginan untuk merokok. Saat dikonsumsi dalam bentuk jus, jeruk juga bertindak sebagai suatu pembersih. Menggabungkan konsumsi jeruk ke dalam sebuah pengaturan pola makan yang lebih luar itu akan membantu anda untuk berhenti merokok, tapi periksa dulu tingkat kesegaran dari jeruk tersebut sebelum dikonsumsi. Dan ada bukti ilmiah mengenai hal ini. Sekelompok peneliti di Inggris melakukan percobaan dengan para perokok dan jeruk. Hasilnya sungguh mengejutkan. Setelah 21 hari, para perokok yang mengkonsumsi jeruk jumlah rokok yang mereka hisap menurun sebanyak 79 persen, dan 20 persen dari mereka benar-benar berhenti merokok. Hasil-hasil ini menimbulkan satu pertanyaan: apakah dengan memakan buah-buahan citrus itu akan memberikan efek yang sama? Sebagian dari mantan perokok bahkan mengatakan bahwa dengan meminum suatu campuran dari jus jeruk dan cream tartat (satu setengah sendok teh) bisa segera menghilangkan nicotin dari dalam tubuh anda, sehingga menghilangkan keinginan untuk merokok. Mereka mengatakan bahwa saat terbaik untuk meminum campuran ini adalah ketika hendak tidur. Selain jeruk, buah dan sayuran telah terbukti mampu membantu menghentikan kebiasaan merokok.
  3. Bayam, Nasi Coklat, Pasta, dll. Dalam studi lain yang mengamati apakah makanan tertentu bisa memerangi kecanduan, David Daughton, Ph.D., seorang spesialis pulmonary di University of Nebraska Medical Center, menemukan bahwa makanan yang tinggi dalam sifat-sifat alkaline itu menahan nikotin agar tetap bersirkulasi dalam darah, sehingga mempertahankan suatu level kecanduan yang tinggi. Ini sangat mengurangi kebutuhan untuk mengkonsumsi lebih banyak lagi. Makanan-makanan yang tinggi dalam alkaline misalnya bit, dandelion, kismis, buah ara, bayam, millet, quinoa, roti-roti dan pasta whole-grain, nasi coklat, almond dan sayuran starchy misalnya kentang, squash dan jagung.
  4. Tomat. Aroma tomat membantu mengurangi daya tarik rokok. Menggunakan jus tomat juga memberikan anda efek yang sama seperti merokok, tapi tanpa unsur-unsur yang berbahaya. Itu mungkin karena fakta bahwa tanaman tomat dan tembakau itu berasal dari keluarga yang sama (solanaceae, yang umumnya dikenal sebagai keluarga nightshade). Tomat juga suatu sumber yang sangat bagus untuk lycopenes. Lycopenes itu adalah gizi-gizi di dalam keluarga carotenoid yang konon bisa mencegah kanker paru-paru. Perlindungan terhadap kanker yang diberikan lycopenes adalah karena sifat-sifat antioxidant yang dimilikinya. Lycopenes itu lebih banyak terdapat di dalam tomat yang sudah diproses dibanding tomat mentah. Saus tomat, jus tomat dan kecap tomat adalah sumber-sumber yang bagus. Cobalah untuk menggabungkan lebih banyak lagi makanan-makanan yang kaya akan lycopenes ini ke dalam diet anda.
  5. 5. Pisang. Pisang adalah camilan sehat, murah dan enak yang dinikmati banyak orang di seluruh dunia. Selain dapat mengenyangkan karena mengandung karbohidrat, pisang juga memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya membantu orang berhenti merokok.Kandungan vitamin B dan mineral lainnya dapat membantu perokok yang ingin menghentikan kebiasaannya dengan cara mengurangi tingkat stres akibat gejala putus nikotin, seperti dilansir Asiaone, Senin (5/11/2012).Pada saat yang sama, nutrisi yang terkandung dalam pisang juga dapat membantu gejala putus nikotin secara fisik dan psikologis.Pisang mengandung tryptophan yang dapat meningkatkan suasana hati (mood) positif dan membuat Anda merasa lebih bahagia. Secara tidak langsung, kandungan pisang ini akan membantu Anda melupakan rokok.
  6. Susu dan produk susu lainnya. Banyak perokok mengatakan, setelah minum segelas susu, merokok tidak membawa rasa dan kepuasan yang diharapkan. Susu membuat rasa rokok menjadi sangat pahit dan tidak menyenangkan. Cara ini dapat membantu mengurangi ketagihan dan membantu menyingkirkan kecanduan nikotin. Dukes University mengungkapkan bahwa perokok yang minum segelas susu sebelum merokok tidak akan menyukai rasa rokoknya. Perokok akan mengeluh karena rasa rokok tiba-tiba menjadi pahit.Anda juga bisa mencelupkan rokok ke dalam susu dan biarkan mengering. Ini akan membuat rasa rokok menjadi tidak enak di mulut.
  7. Seledri Seledri bisa memengaruhi rasa rokok. Bahkan, ilmuwan menilai, banyak mengonsumsi jenis makanan tersebut dapat mengurangi ketergantungan nikotin (asalkan tidak mengonsumsi alkohol). Ini juga sekaligus menjawab mengapa mengudap batang seledri dapat membantu mengurangi keinginan ngemil. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika tidak suka seledri karena seledri bisa digantikan dengan wortel.Namun perlu diingat, makan banyak sayuran manis tidak terlalu baik karena jumlah glukosa yang berlebihan akan mengaktifkan area otak yang bertanggung jawab terkait kesenangan dan kepuasan.
  8. Mentimun. Setiap perokok akan sangat tergantung kepada rokok setiap kali selesai makan nasi. Untuk menghindari rasa ketergantungan tersebut, cobalah untuk memakan buah timun setelah selesai makan. Dengan memakan timun, mulut terasa bersih dari sisa-sisa makanan yang berlemak, pedas, dan asin. Buah Mentimun yang kita makan akan membersihkan daerah sekitar mulut kita dari rasa yang sebelumnya kita nikmati. Dan biasanya, setelah rasa tawar di mulut maka keinginan untuk merokok itu sedikit demi sedikit akan berkurang.
  9. Garam. Setiap kali Anda berkeinginan untuk merokok, Anda harus makan sesuatu yang asin atau menjilat sedikit garam dengan ujung lidah. Ini dapat membunuh dorongan Anda untuk merokok.
  10. Ginseng. Ginseng telah terbukti untuk mencegah pelepasan nikotin yang diinduksi dari dopamin neurotransmitter. Seharusnya tidak digunakan sehari-hari tetapi dapat digunakan 3-4 kali sebulan.
  11. Terong. Terong meninggalkan rasa pahit jika dimakan sebelum merokok. Beberapa ahli menyatakan bahwa makan banyak sayuran ini dapat mengurangi intensitas ketergantungan nikotin. Jadi dapat membantu untuk berhenti merokok.
  12. Air Kelapa Tua. Isi toples kaca dengan air kelapa yang matang/tua. Embunkan semalaman. Keesokan harinya tuang ke dalam gelas, campurkan garam sedikit dan aduk merata. Lakukan setiap pagi. Insya Allah dalam beberapa hari kecanduan rokok akan berkurang dan berhenti.
One comment on “Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok melalui Makanan & Minuman
  1. ali says:

    bissmillah..
    Menurut saya simple aja kalo mau stop merokok?pake apa,?
    Pake pikiran kita,kembali ke fitrah emang waktu kta terlahir ke dunia lgsung merokok,?bulatkanlah tekad untuk berhenti merokok karna merubah keburukan menuju kebaikan adalah jihad/seperti berhenti merokok adalah pahala untk anda,krna dgn berhenti meroko anda berbuat baik tdak hanya untk dri anda tapi juga untk org lain..krna merokok sama dgn bunuh diri secara perlahan/apa kita mau jadi kufur dgn tiap hari/waktu trus merokok ?dan neraka menunggu kita..
    Sya mau membri tips berhenti merokok menggunakan pikiran,bayangkanlah di negara kita ini indonesia ada hukuman mati untuk para perokok,meskipun tdak ada..jadi byangin aja sma kita kalo dgn merokok nyawa kta taruhannya?tentunya kta ga mau kan mati bgitu aja hanya karna rokok?ya terkecuali org yg bodoh yg rela mengorbankan nyawanya cuma untk sebatang rokok..tapi emang kenyataanya rokok membunuhmu walau secara perlahan tapi pasti..jadi keputusan ada di tangan anda..dan jgn lupa berdoa pada allah swt
    mudah2n bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*